""SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA""

RSS
Container Icon

Jenis-Jenis Plastik dan Kodenya

Sering Sekali kita temui barang barang yang terbuat dari plastik,bukan hanya dari segi bentuknya,jenis,bahkan dari segi kegunaannya.Jenis dari plastik biasanya dapat kita temui dari lebel atau barang plastik tersebut,atau bahkan dengan simbol dan tulisan.
Simbol pada plastik biasanya sangat berhungungan dengan pendaurulang plastik tersebut.
Disini saya akan memberi tahu sedikit tentang jenis-jenis plastik yang biasa kita temui antara lain:

1.PETE/PET(Polyethylene Terephthalate)

 yaitu jenis plastik yang biasanya berwarna transparan putih bening,atau warna lain transparan,sehingga kita bisa melihat isinya.Biasanya jenis yang seperti ini digunakan untuk botol minuman.

Botol dengan berbahan plastik PETE tidak dapat digunakan untuk air panas, karena dapat meleleh atau menciut karena biasanya ketebalan dinding botolnya kurang dari 1mm. Plastik ini dapat di daur ulang sebagai benang karpet dengan nama Polyester.



2.HDPE (Hight Density Polyethylene)

 Jenis ini banyak digunakan dalam bentuk botol atau bahan campuran jenis plastik yang lain.karena sifatnya yang kaku tetapi elastis serta kuat dan memiliki ketahanan kimiawi yang baik.sering kita liat dalam kemasan botol shampoo.deterjen cair,handbody dll.


 

3.PVC (Polyvinyl Chloride)

Jenis ini memiliki sifat yang kuat, kaku serta tahan terhadap cuaca,sering di temui di pipa-pipa air.





 4.LDPE (Low Density Polyethylene) 

Tergolong jenis plastik yang sukar dihancurkan,namun penggunaanya masih banyak di pasaran dengan kelenturan yang bagus tetapi kuat dan fleksibel.baik juga untuk tempat minuman dingin.

 5.PP (Polypropylene)

Jenis ini palng banyak di temui pada botol minum anak ataupun tutp pada kemasan kosmestik.memiliki sifat yang tahan terhadap bahan kimia,memiliki titk leleh yang tinggi,sehingga dapat menaruh makanan atau minuman yang panas.



6.PS (Polystyrene) 

jenis plastik ini sudah banyak di negara-negara maju yang melarang penggunaannya, karena sifatnya yang berbahaya jika bersentuhan langsung dengan makanan dingin atau panas. Biasanya di temukan di barang-barang yang tidak lama pemakaiannya atau sekali pakai, styrofoam, tepa CD atau tempat sampah.


7. OTHER


Dari 6 jenis plastik yang sering kita temui, masih banyak jenis-jenis plastik yang ada. Diluar dari 6 tersebut di symbolhak dengan tulisan other, karena biasanya berbahan campuran dari jenis-jenis plastik di atas.

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

8 komentar:

Unknown mengatakan...

wah bagus artikelnya..
thanks ya, don't forget me visit me on ebookkugratis.blogspot.com

Unknown mengatakan...

nice jobs...
thanks for youre information

Unknown mengatakan...

terima kasih atas infonya
sekarang saya akan lebih berhati2 untuk memilih jenis plastik yang akans aya gunakan

Unknown mengatakan...

thanks infonya...
sering2 posting hal menarik lainnya ya !!

Unknown mengatakan...

makasih infonya ya mbak Dewi..

Unknown mengatakan...

maaf saya mau bertanya,
sekarang kan banyak botol2 air minum dengan PET 1, kenapa tidak Pp 5 saja yg lebih aman ?
mohon penjelasannya !!

Unknown mengatakan...

itu merupakan perlindungan perusahaan agar tak ada orang yang sengaja main curang dengan mendaur ulang botol kemasan dengan isi yang telah di buat-buat dan tanpa se idzin perusahaan atau badan POM.

Unknown mengatakan...

sekarang kebanyakan botol air yang menggunakan PET1 karena jikalau PP5 itu sering digunakan untuk kosmetik,emank sih pp5 itu lbih aman tetapi mungkin pp5 hanya boleh utk yang kosmetik saja ,
dan gtu..klo air kan bersifat ringan ya,, pet 1 itu plastik yang khusus untuk air saja mungkin,karena dia kn bersifat transparan

Posting Komentar