""SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA""

RSS
Container Icon

Krisis Air Bersih,Terancamnya Sumber Daya air Karena Pencemaran


Salah satu jenis pencemaran yang sangat mengancam keberadaan lingkungan adalah Pencemaran air.Hal ini merupakan penyimpangan dari sifat air yang normalnya dan bukan dari sifat asli kemurniannya.biasanya air yang tercemar itu dikarenakan oleh adanya limbah industri,bahkan limbah dari sisa pembuangan rumah tangga.

 


TIPE POLUTAN PENCEMARAN AIR.

Pada umumnya tipe polutan yang dapat mencamari pencemaran air ada dua,yaitu:
1.Tipe yang zatnya justru memperkaya dan mampu merangsang pertumbuhan bakteri dan  virus dalam air sehingga airnya sangat berbahaya jika di gunakan atau di konsumsi.
2.Materi-materi yang memiliki sifat racun sehingga dapat membunuh mikroorganisme yang hidup di dalam air.

Beberapa zat pada  umumnya memperkaya perairan dengan polutan adalah sampah organik yang dibuang oleh manusia dan kemudian terbawa ke perairan seperti deterjen dan juga kotoran.



Pada umumnya pencemaran air dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  • Pencemaran biologi seperti tumbuhan air, lumut, dan mikroba phatogen.
  • Pencemaran fisika berupa materi-materi yang tersuspensi dan juga terapung.
  • Pencemaran kimia yang merupakan senyawa anorganik dan senyawa karbon.


SUMBER PENCEMARAN AIR
   Air tawar adalah salah satu jenis perairan yang paling seirng tercemar. Terdapat beberapa jenis sumber pencemaran air. Beberapa sumber pencemaran air diantaranya adalah limbah dari kegiatan di darat, udara, serta aktivitas yang dilakukan di perairan tersebut. Berikut ini secara rinci pencemaran dari limbah dari udara, air, dan darat.

Pencemaran dari udara adalah bahan-bahan yang mampu mencemari air melalui udara seperti asam-asam anorganik dan organik, debu, dan lain sebagainya.

Pencemaran dari air adalah seperti air buangan dari daerah industri hingga perkotaan yang mengalir melalui saluran pembuangan.
Sedangkan dari darat adalah limbah-limbah industri, pertanian, bahkan rumah tangga yang mengalir ke sungai, laut, hingga danau melalui air hujan.



Dampak Pencemaran Terhadap Kondisi Air di Dunia.

Awal abad ke 21 merupakan awal abad dimana dunia mulai mengalami ancaman kondisi lingkungan yang semakin kritis. Banyaknya limbah kegiatan industri yang merupakan salah satu faktor utama pencemaran air.
Pencemaran air sangat cepat menyebar karena adanya mekanisme alam yaitu seperti aliran air sungai, tiupan angin, rambat air di tanah yang menyerap melalui difusi limbah sehingga dapat menyebar ke berbagai aliran air seperti sungai-sungai di tengah kota.

Limbah sisa pembuangan di perairan dapat menimbulkan berbagai masalah bagi kehidupan biota. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah keracunan yang berujung pada kematian. Kondisi dari air yang semakin menurun semakin mengganggu kondisi biota perairan sehingga kualitas dan kuantitas dari biota perairan seperti udang dan ikan juga menurun drastis.

Selain jumlah yang semakin sedikit kualitas dari biota yang dapat dikonsumsi juga menurun karena tercemar atau keracunan karena polutan yang mengalir di perairan. Kebanyakan dari sisa limbah pertanian yaitu berupa kelebihan pupuk yang dialirkan ke danau dan rawa yang selain mencemari air juga merangsang pertumbuhan enceng gondok.

Kemudian erosi lumpur juga dapat menyebabkan pencemaran air karena lumpur yang tererosi akan mengendap di permukaan karang sehingga karang akan mati.



 
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar