""SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA""

RSS
Container Icon

Bio Ethanol Dari Ketela

Ternyata Ketela mengandung ethanol yang cukup tinggi sehingga ketela bisa digunakan sebagai bahan  bakar alternatif.Untuk membuat energi alternatif ini sangatlah mudah,bahkan semua orang bisa melakukannya,yang penting bahannya mengandung karbohidrat sepeti singkong.Mau tahu jenis singkong apa yang digunakan,,??


yaitu singkong GONDROWU adalah singkong yang berukuran raksasa namun,tidak dapat dikonsumsi oleh masyarakat dikarenakan rasanya yang pahit dan beracun.namun,di balik itu semua ternyata singkong ini mengandung nilai yang sangat luar biasa untuk bahan bakar.

Proses pembuatannya juga sederhana,ketela gondrowu itu dihaluskan lalu direbus lalu ditambahkan enzim amylase dan sedikit ragi.setelah direbus dan menjadi larutan,larutan ini didiamkan selama 3-4 hari agar proses fermentasi berjalan.hal itu akan menghasilkan ethanol,namun kadar ethanol masih 90% sementara agas bisa menjadi bio ethanol harus 95%.untuk itu kita perlu menaikkan kadar ethanol dengan cara menambahkan batu kapur.

Keunggulan dari bahan ethanol adalah lebih ekonomis juga tanpa jelaga.namun,pemanasan ethanol dilakukan karena lebih lama dibandingkan dengan minyak tanah.misalnya untuk memasak mie,kompor minyak tanah membutuhkan waktu 10 menit.sedangkan kompor ethanol membutuhkan dua hingga tiga menit lebih lama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

whaw dasyat gan infonya menarik bingit... oh ya demi menjaga kesehatan tubuh secara alami dan tradisional silahkan kunjungi blog saya di http://pengobatantradisionall.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

yo'i klo d blog kamu kan buah klapa dpt menyembuhkan penyakit,klo di blog aq buah kelapa dapat dijadikan bio diesel,, pgn tw kunjungi jga ya di
http://dewilingkungan.blogspot.com/2014/02/bio-diesel-dari-sari-kelapa.html

Posting Komentar